Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 7, No 3 (2022): VOLUME 7 NUMBER 3 SEPTEMBER 2022

ENKULTURASI PETATAH PETITIH MINANGKABAU SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUDA

febraningsih Febraningsih (Unknown)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Khairani Khairani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Petatah-petitih adalah sastra lisan Minangkabau yang di dalamnya terdapat kalimat atau ungkapan yang mengandung makna yang dalam, luas, halus dan terdapat kalimat kiasan atau perumpamaan yang memuat makna atau maksud tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses enkulturasi, mendeskripsikan eksistensi nilai-nilai pendidikan karakter, menganalisis faktor pendorong dan penghambat dalam proses enkulturasi, dan dampak enkulturasi petatah petitih Minangkabau terhadap karakter generasi muda di kelurahan Sungai Durian, Kota Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif di mana penelitian dilakukan dengan mengambarkan dan mengungkapkan semua fenomena, gejala, kejadian secara apa adanya dalam bentuk keterangan-keterangan yang terjadi pada tempat yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai karakter dominan yang terkandung dalam petatah petitih tersebut adalah nilai karakter Kreativitas dengan jumlah temuan sebanyak 6 (enam)  dari buah temuan dari total 24 buah petatah petitih yang diteliti. Berikutnya nilai karakter yang ada pada urutan ke-dua adalah nilai disiplin dan peduli sosial yang ditemukan sebanyak masing-masing 5 temuan, nilai Tanggung Jawab dan Kejujuran (4 temuan), nilai Toleransi dan Mandiri (3 temuan), nilai Religious, Ingin Tahu, Cinta Tanah Air, dan Komunikatif (2 temuan), sedangkan nilai Demokratis, Semangat Kebangsaan, menghargai Prestasi, Cinta Damai, Gemar Membaca, dan Peduli Lingkungan hanya ditemukan masing-masing 1 (satu) temuan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...