rdasarkan dari observasi yang peneliti lakukan mengenai membaca permulaan di Taman Kanak-kanan Sabbihisma 4 Padang peneliti melihat keunikan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan membaca permulaan, dimana peneliti melihat kurang lebih tiga bulan disemester pertama sekolah, anak telah berada pada tahapan mengenal bacaan atau Take off Reader Stage, dimana pada tahap ini anak sudah mulai menggunakan tiga sistem syarat, yaitu graphoponik yang mana anak sudah mengenal huruf, semantik sudah membentuk kata-kata, dan sintaksis sudah membentuk kalimat. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak, yaitu berpusat pada anak, kemudian strategi melalui bermain, bercerita, dan bernyanyi, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai penunjang proses dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak.
Copyrights © 2022