Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyesuaian diri memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UHO Angkatan 2020 yakni sebanyak 76 mahasiswa. Sampel ditarik dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 76 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dan nilai akademik mahasiswa pada semester awal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan skor penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategori cukup dan nilai prestasi akademik mahasiswa berada pada kategori memuaskan. Berdasarkan hasil analisis inferensial pada taraf signifikasi sebesar α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,001. Karena Pvalue < α maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penyesuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Copyrights © 2022