Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
Vol 1, No 1 (2015)

Permainan Imajinatif Berdasarkan Metakognisi dalam Belajar Matematika

Heru Astikasari Setya Murti (Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada)
Thomas Dicky Hastjarjo (Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan imajinatif terhadap metakognisi dalam matematika pada anak, dengan inteligensi sebagai kovariabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan menggunakan desain the untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Ada tiga kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen I dengan perlakuan yang diberikan adalah dongeng, kelompok eksperimen II dengan perlakuan yang diberikan adalah permainan pura - pura, dan yang ketiga adalah kelompok kontrol. Metakognisi diukur dengan menggunakan Metacognitive Skills and Knowledge Assessment (MSA), sementara inteligensi diukur dengan menggunakan tes Standard Progressive Matrices (SPM) yang dikembangkan oleh Raven. Hasil perhitungan anakova menunjukkan nilai 12, 526 (p0,05). Sumbangan permainan imajinatif terhadap metakognisi adalah 29,5% (R Squared=0,295), dan sumbangan inteligensi terhadap metakognisi adalah 10,7% (R Squared=0,107)

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

gamajop

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology ...