cover
Contact Name
Netti Ermawati
Contact Email
netty@ugm.ac.id
Phone
+6289527548628
Journal Mail Official
gamajop.psikologi@ugm.ac.id
Editorial Address
Unit Research Development and Community Research Faculty of Psychology - Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta - Indonesia Building A 2nd Floor Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55781
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
ISSN : -     EISSN : 24077798     DOI : -
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology and/or neuropsychological perspectives Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) accepts articles using quantitative and or qualitative research methodology that meets the standard publication in this journal. The primary target audiences of this journal are academicians, graduate students, practitioners, and other professionals with interest in psychology
Articles 141 Documents
Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Ilham Khaliq; Asmadi Alsa
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.942 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi prestasi belajar matematika berdasar belajar regulasi diri (BBRD) dan dukungan sosial. Subjek penelitiannya adalah 138 siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK “A” di Situbondo, Jawa Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala belajar berdasar regulasi diri, skala dukungan sosial, dan dokumentasi hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi dua prediktor melalui perangkat lunak SPPS. Hasil analisis regresi mempreoleh nilai F regresi=70,161; R 2 =0,510 dengan p0,05). Hal ini berbeda dengan dukungan sosial yang berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika (r=0,619; t=10,182; p
Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading Nurmia Evasanti; Amitya Kumara
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.808 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7346

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh bermain musik ansambel terhadap perilaku asertif dalam belajar sight reading pada siswa lembaga pendidikan musik. Subjek penelitian adalah siswa di lembaga pendidikan musik berada pada grade 1 dan II, memiliki kemampuan membaca not balok yang rendah dan berusia 11-15 tahun. Penelitian dilakukan secara kuasi eksperimen dengan jumlah 16 orang untuk kelompok eksperimen dan 16 orang untuk kelompok kontrol. Bermain musik ansambel dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan waktu setiap pertemuan 60-75 menit. Desain penelitian menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Perilaku asertif dalam belajar sight reading diukur dengan menggunakan skala perilaku asertif dalam belajar sight reading. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain musik ansambel dapat meningkatkan perilaku asertif dalam belajar sight reading pada siswa lembaga pendidikan musik, dengan t=3,083 dan p=0,004 (p
Resiliensi pada Remaja Jawa M.C. Ruswahyuningsi; Tina Afiatin
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.599 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang resiliensi pada remaja Jawa dan faktor-faktor yang memengaruhinya terkait dengan permasalahannya didalam keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe fenomenologi. Responden penelitian ini, adalah remaja Jawa berusia 16 tahun sampai 21 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemampuan resiliensi pada remaja Jawa yang dipengaruhi resiliensi keluarga, teman sebaya, dan nilai-nilai budaya Jawa rila, narima, dan sabar, religiusitas dan lingkungan sosial. Remaja yang mengalami konflik dalam keluarga ternyata mampu keluar dari tekanan dan bangkit dari peristiwa-peristiwa buruk masa lalu. Sikap resiliensi mencakup kemampuan remaja menghindari stres yang menekan atau depresi yang dialaminya dan tetap produktif.
Peran Kepercayaan Interpersonal Remaja yang Kesepian dalam Memoderasi Pengungkapkan Diri pada Media Jejaring Sosial Online Firman Alamsyah Ario Buntaran; Avin Fadilla Helmi
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.318 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7348

Abstract

Penelitian ini meneliti peran kepercayaan interpersonal secara online memperkuat hubungan antara kesepian dan pengungkapan diri pada 162 siswa-siswi. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala kesepian, skala pengungkapan diri, dan kepercayaan interpersonal di jejaring sosial online. Hasil penelitian ini tidak menemukan perbedaan yang signifikan antara siswa perempuan dibandingkan laki-laki pada diri secara online dalam mengungkapkan diri. Siswa perempuan lebih lama dalam waktu penggunaan jejaring sosial online dibandingkan dengan siswa laki-laki. Penelitian juga menemukan bahwa siswa perempuan memiliki situs jejaring sosial online lebih banyak seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dibandingkan dengan siswa laki-laki. Penggunaan waktu selama tiga jam adalah rentang waktu paling banyak digunakan oleh partisipan. Terdapat hubungan yang signifikan antara kesepian dan pengungkapan diri secara online yang dimoderatori oleh kepercayaan interpersonal online.
Konsep Psikoterapi Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram Abdul Kholik; Fathul Himam
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.166 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep psikoterapi yang didasarkan pada ajaran kawruh jiwa dengan ngudari reribetnya yang berbasiskan rasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenomenologi sebagai perspektif. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang pelajar kawruh jiwa. Data didapatkan melalui metode wawancara mendalam dan disertai dengan triangulasi data literatur. Hasil penelitian ini menjelaskan mawas diri dengan jalan kandha-takon melalui nyawang karep untuk nyocokaken raos dalam ngudari reribet adalah sebagai sebuah esensi model psikoterapi kawruh jiwa Ki Ageng Suryomentaram
Permainan Imajinatif Berdasarkan Metakognisi dalam Belajar Matematika Heru Astikasari Setya Murti; Thomas Dicky Hastjarjo
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.705 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan imajinatif terhadap metakognisi dalam matematika pada anak, dengan inteligensi sebagai kovariabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan menggunakan desain the untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Ada tiga kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen I dengan perlakuan yang diberikan adalah dongeng, kelompok eksperimen II dengan perlakuan yang diberikan adalah permainan pura - pura, dan yang ketiga adalah kelompok kontrol. Metakognisi diukur dengan menggunakan Metacognitive Skills and Knowledge Assessment (MSA), sementara inteligensi diukur dengan menggunakan tes Standard Progressive Matrices (SPM) yang dikembangkan oleh Raven. Hasil perhitungan anakova menunjukkan nilai 12, 526 (p0,05). Sumbangan permainan imajinatif terhadap metakognisi adalah 29,5% (R Squared=0,295), dan sumbangan inteligensi terhadap metakognisi adalah 10,7% (R Squared=0,107)
Akulturasi Psikologis para Self-Initiated Expatriate Ginda Rahmita Sari; Subandi Subandi
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.198 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7351

Abstract

Ekspatriasi menjadi fenomena yang semakin banyak ditemui di berbagai wilayah dunia terkait dengan era globalisasi. Ekspatriasi tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang ditugaskan perusahaan namun juga dilakukan oleh individu-individu yang memilih untuk mengembangkan kapasitas diri mereka dengan menambahkan pengalaman lintas budaya dan menjadi self-intiated expatriate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan proses akulturasi psikologis para self-initiated expatriate di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi untuk memahami makna dari pengalaman akulturasi psikologis para self-initiated expatriate di Yogyakarta. Data diperoleh melalui wawancara mendalam pada enam orang self - initiated expatriate yang telah membangun kehidupan mereka di Yogyakarta bersama pasangan lokal mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden memilih menjadi self-initiated expatriate di Yogyakarta adalah untuk meraih kesempatan hidup yang lebih. Seiring proses akulturasi psikologis, mereka mengembangkan dua jenis coping yaitu mengadopsi budaya baru dan mempertahankan budaya asal. Mereka menggabung kan kedua nilai budaya dalam diri sehingga terjadi perubahan kognitif, perilaku dan sikap dan menjadi integrated self atau diri baru. Hasil penelitian lebih lanjut menemukan bahwa pemilihan variasi coping terhadap tekanan budaya yang ada dilakukan dengan menimbang kondisi, situasi, kebutuhan dan keinginan mereka
Dinamika Pengambilan Keputusan Penjual Jamu Tradisional untuk Layanan Aborsi Untung Eko Setyasari; Tina Afiatin
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.106 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7352

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengam - bilan keputusan penjual jamu tradisi onal dalam memberikan layanan aborsi dan alasa mengapa mereka melakukannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tujuh orang penjual jamu tradisional dan lima orang informan crosscheck. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penjual jamu tradisional akan berpikir sebelum bertindak ketika mereka merespons permintaan aborsi. Proses berpikir penjual jamu termanifestasi dalam proses pengambilan keputusan untuk memberikan layanan aborsi atau tidak. Subjek menggunakan pendekatan pengambilan keputusan dengan cara proses belajar sosial dan berkomunikasi dengan significant person - nya. Dari cara tersebut, mereka dapat mengembangkan alternatif pilihan dan kemudian memikirkan segala konsekuensi dari masing-masing pilihan. Subjek cenderung mengambil keputusan dengan tidak menghilangkan risiko, tetapi mengurangi risiko dengan strategi pemasaran yang terselubung dan selektif memilih calon konsumen. Hasil penelitian juga menjelaskan proses pengambilan keputusan dari berbagai perspektif, mulai dari hukum, ekonomi, moralitas dan sosial. Disamping itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa memberikan layanan aborsi adalah sebuah pilihan yang bebas. Pilihan tersebut tidak terlepas dari dorongan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni berupa kebutuhan survival, belonging dan loving, power, freedom dan fun.
Theory of Mind pada Anak Usia 3-5 Tahun Ditinjau dari Kemampuan Bermain Simbolik dan Kemampuan Bahasa Verbal Resnia Novitasari; Supra Wimbarti
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.432 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7353

Abstract

This study aims at looking at the correlation between the ability to play a symbolic and verbal language skills in children’s Theory of Mind. Then, the study involved subjects as many as 49 children in the kindergarten in Yogyakarta. The age range of children involved in the study was 46- 61 months. The average age of children was 54.551 months with comparison subjects by sex was a boy of 20 people (40.81%) while girls were 29 people (59.19%). Data collections were conducted through a research-contents false belief task, audiovisual recordings while the children play in pairs, rating on Smilansky Scale for Evaluation of Dramatic and Sociodramatic Play (SSEDSP), and the Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI) on verbal subtest. Data analysis using binary logistic regression analysis techniques. The results of the analysis of the major hypotheses using Omnibus Test of Model Coefficient with scores of Chi-square=10.394, p=0.006 (p<0.01). These results indicate that there is a very significant overall model proposed in this hypothesis. Thus, it can be concluded that the symbolic playability and verbal skills can predict Theory of Mind in very significant way.
Pengaruh Job Enrichment terhadap Employee Engagement melalui Psychological Meaningfulness sebagai Mediator Flavia Norpina Sungkit; IJK Sito Meiyanto
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.075 KB) | DOI: 10.22146/gamajop.7354

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh job enrichment terhadap employee engagement melalui psychological meaningfulness sebagai mediator. Desain penelitian yang digunakan ialah cross-sectional study pada 112 karyawan. Model analisis data yang digunakan ialah analisis regresi multiple linear. Hasil analisis menunjukkan bahwa job enrichment memengaruhi employee engagement secara signifikan melalui psychological meaningfulness sebagai mediator. Nilai p ialah 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Nilai sig F change yaitu 0,006 sehingga efek mediasi tergolong signifikan. Selain itu, efek mediasi berpengaruh lebih baik daripada efek langsung. Ada peningkatan besarnya pengaruh, yaitu 27,2% tanpa mediator menjadi 31,5% dengan mediator

Page 1 of 15 | Total Record : 141