Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
Vol 6, No 1 (2020)

Perbandingan Properti Psikometri antara Tes PAPs Berbentuk Computer-Based dan Paper and Pencil Test

Ariana Marastuti (Unit Pengembangan Alat Psikodiagnostika UGM)
Wahyu Jati Anggoro (Unit Pengembangan Alat Psikodiagnostika UGM)
Ramadhan Dwi Marvianto (Unit Pengembangan Alat Psikodiagnostika UGM)
Abdullah Azzam Al Afghani (Unit Pengembangan Alat Psikodiagnostika UGM)



Article Info

Publish Date
23 May 2020

Abstract

Perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi telah menawarkan berbagai kemudahan dalam hal administrasi tes. Salah satunya adalah administrasi tes berbasis komputer atau yang lazim dinamakan dengan Computer Based Test (CBT). CBT dikembangkan untuk menjadi alternatif penyelenggaraan tes dengan menggunakan Paper and Pencil Test (PPT). Secara praktis CBT memiliki banyak keuntungan dibanding dengan PPT namun perbandingan mengenai properti psikometris pada kedua bentuk tes ini masih perlu ditelaah lebih lanjut. Penelitian mengenai paralelisme kedua model administrasi tes ini belum banyak dilakukan, terutama pada tes-tes yang dikembangkan oleh Fakultas Psikologi UGM seperti Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs). Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan mengikutsertakan taraf kesukaran dan daya diskriminasi menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT), indeks ketepatan model dan struktur pengukuran sebagai bukti validitas konstruk. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tes PAPs secara umum tergolong memiliki kesetaraan pada parameter taraf kesukaran butir, daya diskriminasi butir dan tingkat ketepatan butir ketika disajikan dalam bentuk CBT dan PPT. Sehingga, Tes PAPs ke depannya dapat disajikan dalam kedua bentuk tersebut secara bergantian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gamajop

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology ...