Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Mengeksplorasi Informasi sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan dan Pemahaman di Kalangan Mahasiswa

Zulhafizh Zulhafizh (Universitas Riau)
Hermandra Hermandra (Univeritas Riau)
Asnawi Asnawi (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Kegiatan belajar tidak cukup dilaksanakan secara adminstratif saja. Peserta didik harus berusaha dengan baik agar mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang memadai agar siap dalam menghadapi perkembangan global. Kondisi ini menuntut peserta didik membe membekali diri dengan baik agar bisa mengikuti perkembangan yang ada. Jika bagian dasar ini sudah gagal, maka dapat memberikan pengaruh terhadap aktivitas atau kegiatan berikutnya. Untuk itu, peserta didik harus berpikir kritis agar bisa menggali berbagai informasi secara maksimal. Pengamatan dilakukan terhadap aktivitas eksplorasi peserta didik dilakukan dengan metode deskriptif. Pengamatan ini sebagai bentuk manifistasi kegiatan pembelajaran jarah jauh (daring). Instrumen pengumpulan data dengan berupa angket skala dengan 73 orang. Secara keseluruhan aktivitas eksplorasi berada pada rata-rata 4,065 dengan kategori sangat tinggi dan tingkat signifikansi 0,879 dengan kategori sangat kuat. Data ini memperlihatkan betapa pentingnya tindakan eksplorasi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Semua aktivitas eksplorasi sangat membantu dalam merangsang kognisi dan psikomotor peserta didik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...