Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Deskripsi Kemampuan Siswa Kelas V SDN 027 Renggeang dalam Memecahkan Masalah HOTS pada Operasi Hitung Pecahan

Lukman Lukman (Unknown)
Agustan Agustan (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rukli Rukli (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas V SDN 027 Renggeang dalam memecahkan masalah matematika berbasis HOTS pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini meliputi deskripsi kemampuan dan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah tersebut berdasarkan langkah IDEAL problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Instrument utama adalah peneliti, dan instrument pendukung berupa lembar tes, dan pedoman wawancara. Prosedur analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa siswa tersebut mampu melakukan langkah I, D, E dengan baik, namun kurang mampu melakukan langkah A dan L. Kesulitan pada langkah A dan L disebabkan oleh siswa tidak dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan baik. Siswa hanya dapat mengoreksi kesalahan komputasi karena kecerobohan atau kesalahan mengingat pengetahuan sebelumnya. Kata kunci: operasi hitung pecahan, pemecahan masalah HOTS, proses berpikir

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...