Fokus penelitian ini adalah tentang mengembangkan pendidikan karakter melalui manajemen kelas di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui manajemen kelas di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah waka kesiswaaan sekaligus guru bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu redusi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui manajemen kelas di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo terdiri dari 3 hal: pertama sekolah memiliki program unggulan, kedua guru menjadi teladan yang baik, ketiga guru memiliki strategi tersendiri. Kendala dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui manajemen kelas terletak pada peserta didik yang memiliki sifat kurang jujur. Solusi dalam hal ini adalah harus ada hubungan dan komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam mengembangkan pendidikan karakter. Kata Kunci: Mengembangkan Pendidikan karakter; Manajemen kelas. DAFTAR PUSTAKA Moleong Lexy, (2009), Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya). Moleong Lexy , (1990), Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Burhan Assofa, (2001), Metode Penelitian Hukum, (Jakarta: Rineka Cipta). Afrizal, (2014), Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada). eurekapendidikan.com/definisi-murid-siswa-dan-peserta-didik(9/12/21) Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005). Hamid Hamdani, 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, Bandung : Pustaka Setia. https://hudanuralawiyah.wordpress.com/2011/11/25/makalah-teori-teori-pendidikan/(17/12/2021) Narwanti Sri, (2011), Pendidikan Karakter pengintegrasian 18 nilai pembentuk karakter dalam mata pelajaran, (Yogyakarta: Famili (Grup Relasi Inti Media) Muslich Mansur, (2011), Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Dimensional, Jakarta: PT Bumi Aksara. Saminanto, (2012), Mengembangkan RPP Paikem, EEK, Dan Berkarakter, Semarang: RaSAIL Media Grup. Narwanti Sri, (2011), Pendidikan Karakter pengintegrasian 18 nilai pembentuk karakter dalam mata pelajaran, Yogyakarta: Famili Grup Relasi Inti Media. Kesuma Darma dkk, (2012), Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Copyrights © 2022