Jambura Economic Education Journal
Vol 4, No 2 (2022): JULY 2022

PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Mas'ati as (Unknown)
Muh Yunus (Unknown)
Hastuti Hastuti (Unknown)
Elpisah Elpisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

PPenelitian ini bertujuan mengatahui pengaruh pembelajaran klasikal dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Balang Lompo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa berjumlah 204 orang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling maka sampel penelitian yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 33 orang dan kelas V sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angkat dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran klasikal dan motivasi secara simultan terhadap prestasi belajar siswa, dimana kontribusi pengaruh  simultan  sebesar  17,6 %, sedangkan sisanya sebesar 82,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran klasikal berpengruh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Balang Lompo

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...