JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS

Siti Nurjanah (Unknown)
Tomo Djudin (Unknown)
Hamdani Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Salah satu kemampuan yang fundamental untuk dimiliki di abad 21 yaitu kemampuan untuk berpikir kritis. Namun, data dari penilaian internasional mengindikasikan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik Indonesia dalam bidang fisika masih belum optimal. Untuk itu diperlukan adanya analisis lebih lanjut terkait dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan menerapkan teknik simple random sampling dalam pemilihan sampel. 54 orang peserta didik SMA Negeri 3 Pontianak di kelas XI IPA dilibatkan sebagai sampel untuk penelitian ini. Perolehan data penelitain dilakukan dengan menerapkan teknik pengukuran berupa tes kemampuan berpikir kritis pada topik fluida dinamis. Tiga soal esai termuat pada tes penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis masih tergolong rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...