Salah satu kemampuan yang fundamental untuk dimiliki di abad 21 yaitu kemampuan untuk berpikir kritis. Namun, data dari penilaian internasional mengindikasikan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik Indonesia dalam bidang fisika masih belum optimal. Untuk itu diperlukan adanya analisis lebih lanjut terkait dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan menerapkan teknik simple random sampling dalam pemilihan sampel. 54 orang peserta didik SMA Negeri 3 Pontianak di kelas XI IPA dilibatkan sebagai sampel untuk penelitian ini. Perolehan data penelitain dilakukan dengan menerapkan teknik pengukuran berupa tes kemampuan berpikir kritis pada topik fluida dinamis. Tiga soal esai termuat pada tes penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis masih tergolong rendah.
Copyrights © 2022