MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 10, No 1 (2019): MAGISTRA

DAMPAK PSIKOLOGI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AKTIF BAGI PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH

Anas Rohman (Universitas Wahid Hasyim Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

AbstrakPsikologi belajar memahami aspek psikis bagaimana peserta didik madrasah ibtidaiyahmelakukan aktifitas belajar secara nyaman, diminati dan termotivasi dalam prosespembelajaran aktif. Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyaikontribusi besar dalam mempersiapkan generasi yang unggul dan berkarakter, anak usiatersebut merupakan masa keemasan dalam pembentukan kepribadiannya. Kajian inimenggunakan Metode Participatory Action Research (PAR) melibatkan Guru, peserta didikdan Madrasah Ibtidaiyah. Hasil Kajian 1. Pembelajaran aktif merupakan upaya penting untukditerapkan di Madrasah Ibtidaiyah.2. Ada kaitan bagaimana proses pembelajaran di kelastidak hanya menekankan aspek koknitif, afektif dan psikomotorik namun juga melibatkanaspek psikologi belajar sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan,menggairahkan dan memberdayakan peserta didik.3 Pembelajaran aktif di MadrasahIbtidaiyah memberikan dampak psikologi belajar yang sangat baik.Kata Kunci :Psikologi Belajar, Pembelajaran AktifAbstractLearning psychology understand that every students in actualize their whole learningactivities there are relations with their motive, interest and seriousness will push someonesuccess in study. MI is an educational institution which has big contribution in preparingexellent generation and good character. Children in that age is in their golden period inshaping their personality. This study use Parcipatory Action Research (PAK) Method,involving teachers, students, and MI. The results of this study: 1) Active Learning isimportant effort to be applied in MI. 2) There are relation on how the learning process inclass not only emphasize on cognitive, affective and psychomotor aspects but also involvinglearning psychology aspect so that learning process become fun, exciting and empoweringstudents. Active learning in MI give good psychological effect.Keywords: psychological aspects, active learning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...