MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022

Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing

Nanik Prasetyoningsih (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Mujiyana Mujiyana (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Kelik Iswandi (Universitas Gadjah Mada)
Dyah Pikanthi Diwanti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muhari Muhari (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini mendampingi 2 UMKM Batik Purwo dan UMKM Olsa Merapi. Kedua UMKM tersebut didirikan oleh Kelompok Wanita Tani Padukuhan Tawangrejo. Kedua UMKM tersebut, sudah lama berproduksi, bahkan sudah mendapatkan pasar yang tetap, akan tetapi ketika masa pandemi COVID-19, produksi turun hingga 50% sehingga omset penjualan produk juga turun 30%. UMKM Batik Purwo memproduksi kain batik dengan motif khas Tawangrejo, sementara UMKM Olsa Merapi memproduksi geplak salak. Kedua UMKM tersebut menyadari bahwa selama ini pemasaran produk dilakukan secara konvensional, sehingga cakupan pasar menjadi semakin menyempit selama pandemi COVID-19, maka diperlukan inovasi dalam hal pemasaran produk. Penyuluhan digital marketing dilaksanakan guna mendukung penyebarluasan produk kedua UMKM tersebut, mengingat pemasaran melalui berbagai sosial media dapat memperluas pasar serta jaringan penjualan, mempermudah dalam melakukan transaksi, serta dapat memberikan pelayanan selama 24 jam penuh. Penyuluhan digital marketing sangat menunjang para pegiat di kedua UMKM untuk lebih aktif memasarkan produknya melalui handphone serta meningkatkan produktivitasnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matappa

Publisher

Subject

Education

Description

MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya ...