AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 3 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN PENERAPAN TEORI BRUNER

Novelya Jacinda Elfareta (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan komunikasi matematis dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan penerapan Teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Data yang dikumpulkan berupa data tes tertulis siswa berupa jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner. Data hasil wawancara berupa jawaban siswa atas pertanyaan yang diberikan secara lisan untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner. Data dokumentasi berupa foto dan arsip jawaban tes siswa yang dilakukan pada tanggal 28 Maret 2022. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 43% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner, dimana siswa dapat menyelesaikan soal matematika dengan  menuliskan informasi yang diketahui dari soal yang diberikan menggunakan bahasa sendiri, mentransformasikan informasi yang diketahui dalam bentuk notasi/ simbol matematika, serta mengevaluasi jawabannya menggunakan gambar/ grafik dengan baik. Terdapat 36% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis sedang, dimana siswa hanya mampu memenuhi beberapa indikator komunikasi matematis dan 21% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis rendah belum dapat memenuhi indikator komunikasi matematis dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Teori Bruner

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...