Journal of Goverment Science Studies
Vol 1 No 2 (2022): Oktober 2022

Implementasi Pendidikan Gratis di Sekolah Dasar Inpres Nania dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Kota Ambon

Jesmendi A Sadubun (Universitas Pattimura)
Wahab Tuanaya (Universitas Pattimura)
Nurainy Latuconsina (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pendidikan Gratis di SD Inpres 55 Ambon dan SMP Negeri 20 Ambon Kecamatan Baguala Kota Ambon. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan yang dianggap terlibat secara langsung dalam Proses Implementasi Pendidikan Gratis di SD Inpres 55 Ambon dan SMP Negeri 20 Ambon Kecamatan Baguala Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Pendidikan Gratis tidak sepenuhnya menggratiskan semua biaya pendidikan, sehingga tidak semua siswa mendapatkan beasiswa dari program tersebut. Pengalokasian dan pembiyayaan Program Pendidikan Gratis diperuntukkan pada item-item seperti bantuan biaya pembelian kelengkapan sekolah, khususnya pada masa pandemi covid19 ini bantuan Dana BOS diperuntukan untuk pembelian hand sanitizer, face shield guna menjalankan protokol kesehatan untuk peserta didik. Program pendidikan gratis juga membantu pihak sekolah dalam melengkapi sarana prasarana serta meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgs

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Desentralisasi, Pemerintahan Lokal, Otonomi Daerah, Manajemen Publik, Kebijakan Publik, Ekologi Pemerintahan, Sistem Kepartaian, Goverment Digital, Tata Kelola Keuangan Daerah, Good ...