Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education)
Vol 4, No 2 (2022): OKTOBER 2022

Hubungan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Literasi Kimia serta Dampaknya Terhadap HOTS Mahasiswa

Jamalum Purba (Universitas Negeri Medan)
Ani Sutiani (Universitas Negeri Medan)
Freddy Tua Musa Panggabean (Universitas Negeri Medan)
Pasar Maulim Silitonga (Universitas Negeri Medan)
Nora Susanti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Science education has an important role in preparing quality human resources in the face of globalization. The potential of science education can be seen from the ability to communicate, critical thinking, problem solving, mastery of technology and the ability to adapt to changes and times. The process and learning of science can produce quality human beings by demonstrating scientific awareness (scientific literacy) and higher order thinking skills. This study aims to determine the relationship between learning motivation and self-confidence with chemical literacy skills and their impact on HOTS abilities. The sample of this research is 30 students of chemistry education study program. The instrument used is a learning motivation and self-confidence questionnaire as well as a chemical literacy ability test and the HOTS test that have met the valid and relatable criteria. Data analysis using path analysis test. The results showed that learning motivation and self-confidence had a significant positive relationship and influence on HOTS abilities, either directly or indirectly through chemical literacy skills. Chemical literacy ability has a significant positive relationship and effect on HOTS ability. Chemical literacy ability is a positive intervening factor between learning motivation and self-confidence on HOTS abilities.Pendidikan sains memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi. Potensi pendidikan sains dapat dilihat dari kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, penguasaan teknologi dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan dan zaman. Proses dan pembelajaran sains dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dengan menunjukkan kesadaran sains (literasi sains) dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan kemampuan literasi kimia serta dampaknya terhadap kemampuan HOTS. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan kimia sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan kepercayaan diir serta tes kemampuan literasi kimia dan tes HOTS yang telah memenuhi kriteria valid dan relabel. Analisis data menggunakan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kepercayaan diri memiliki hubunagn dan pengaruh positif signifikan terhadap kemampuan HOTS baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemampuan literasi kimia. Kemampuan literasi kimia memiliki hubungan dan berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan HOTS. Kemampuan literasi kimia merupakan faktor intervening positif antara motivasi belajar maupun kepercayaan diri terhadap kemampuan HOTS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia ini berisi tentang inovasi pembelajaran dan pendidikan kimia, pengembangan media pembelajaran, model pembelajaran dan penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan ...