Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 10, No 3 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso

Zaenol Fajri (Universitas Nurul Jadid)
Ira Febriliana Dewi Riza (Universitas Nurul Jadid)
Himmatul Azizah (Universitas Nurul Jadid)
Yulia Sofiana (Universitas Nurul Jadid)
Ummami Ummami (Univeriatas Nurul Jadid)
Ayu Andila (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Pelaksanaan pendidikan merupakan usaha yang dilakukan oleh semua komponen pendidikan untuk mewujudkan dan mengelola iklim pembelajaran agar anak didik dapat terbantukan dalam proses pengembangan potensinya. Pengembangan potensi peserta didik dipengaruhi oleh factor internal dan ekstrenal, salah satunya factor minat dan motivasi peserta didik. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara meningkatkan minat dan motivasi belajar. Minat dan motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan salah satu cara pemilihan media yang sesuai. Pemilihan media pembelajaran visual berbantuan aplikasi canva merupakan media yang sesuai untuk anak usia dini, karena dilihat dari cara pembuatan dan fitur tampilan atau gambarnya sangat mencerminkan karakter anak usia dini. Sehingga penelitian ini akan membahas tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Pengarang Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memberikan data deskripsi tentang fakta dilapangan dengan menggunakan instrument observasi, wawancari dan dokumentasi. Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva membuat anak lebih aktif dan antusias dalam belajar, karena tampilan media canva yang menarik, tampilan-tampilan gambar dan warna yang sesuai dan menarik minat belajar anak yang didukungan dengan rasa ingin tahu anak tentang media visual tersebut sangat tinggi, sehingga anak tidak bosan mengikuti pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran visual berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium ...