Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Vol 4, No 2 (2022): Oktober 2022

TikTok Islam: Ekspresi Anak Muda, Media Baru, dan Kreativitas di Masa Pandemi

Fathayatul Husna (Universitas Teuku Umar)
Dony Arung Triantoro (Universitas Teuku Umar)
Raudhatun Nafisah (Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Artikel ini fokus membahas tentang ekspresi anak muda di tengah pandemi. Selama pandemi, aktivitas sosial dimediasi melalui teknologi komunikasi modern seperti media sosial. Kondisi ini mendukung munculnya berbagai ekspresi anak muda di media sosial, salah satunya dalam bentuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan di TikTok. Untuk mengetahui lebih jauh terkait fenomena ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada kerja etnografi virtual dan dianalisis dengan literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Husain Basyaiban, salah satu anak muda Muslim, aktif menggunakan TikTok melalui akun @basyasman00 untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan di masa pandemi. Meskipun secara sosiologis, TikTok menimbulkan polemik di satu sisi, tetapi di sisi lain menjadi peluang untuk membangun popularitas. Selain itu, sikap ekspresi di media sosial sejalan dengan upaya pembentukan identitas diri dan munculnya wacana narsistik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

idarotuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna ...