Pratomo Djati Nugroho, S.Pi., M.Kom., CHFIDosen STMIK Insan Pembangunan, Bitung. Tangerang.HP : +6285646684418. Email : nextservo@gmail.comPutri Ristya Ningrum, S.Pi.Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Budi Luhur, Jakarta.Email : putri.ristya.ningrum@gmail.comABSTRAKCV Mitra Boga Tama merupakan perusahaan distributor berbagai jenis daging sapi import maupun lokal,daging ayam, ikan dan kebutuhan protein lainnya, dalam keadaan fresh frozen, baik skala kecil maupun skalabesar. Dalam upaya untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan distributor CV. Mitra Boga Tamaharus berfikir mencari cara untuk melayani pelanggan dengan efektif dan akurat karena perusahaan belumsepenuhnya mengetahui karakteristik dari setiap pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan berpindah keperusahaan kompetitor. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang dapat mengelola hubungan antaraperusahaan dan pelanggan dengan mengaplikasikan konsep Electronic Customer Relationship Management (eCRM). Konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) itu sendiri berguna untuk memantauatau memonitoring setiap kegiatan dan keinginan pelanggan yang ada, sehingga dapat menunjang parastakeholder untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, serta dalam pengambilan keputusan dapat lebihcepat, tepat dan akurat. Dengan demikian konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) inidapat menjawab semua permasalahan atau semua kendala yang terjadi di dalam perusahaan distributor CV.Mitra Boga Tama.Kata kunci : Electronic Customer Relationship Management, Loyalitas, Pelanggan
Copyrights © 2017