Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano

Joubert Dame (Universitas Negeri Manado)
Jety Lempas (Universitas Negeri Manado)
Christiani Pongilatan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Metode Penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 56 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 58,21% dengan jumlah thitung > ttabel = 8,675 > 2,00488 (2) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 38,56% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,8275 > 2,00488 (3) Lingkungan belajar dan Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 59,59% dengan jumlah Fhitung > Ftabel = 40,001 > 3,168. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar     ABSTRACT This study aims to determine the effect of the learning environment and interest in learning on student learning outcomes at SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Methods This research is a survey method with a sample of 56 people. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The research results were analyzed using multiple regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate: (1) the learning environment has a positive and significant effect on student learning outcomes at SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano by 58.21% with the number tcount > ttable = 8.675 > 2.00488 (2) Interest in learning has a positive effect and significant to student learning outcomes at SMP Negeri 8 One Roof Tondano by 38.56% with the number tcount > ttable = 5.8275 > 2.00488 (3) Learning environment and interest in learning have a positive and significant effect on student learning outcomes in public junior high schools 8 One Roof Tondano is 59.59% with the number of Fcount > Ftable = 40.001 > 3.168. Keywords: Learning Environment, Learning Interest, Learning Outcomes  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...