Jurnal Ilmiah Lintas Kajian
Vol. 2 No. 1 (2020)

PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: Studi pada Siswa MTs Arrosudiniyah Kabupaten Bogor

Komarudin (STAI Al-Aulia Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Arrosudiniyah Kabupaten Bogor. dengan sampel siswa 39 orang siswa. Pengambilan data melalui metode angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan antusiasme siswa, sehingga akan lebih mudah bagi siswa untuk memahami materi pelajaran. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan analisis signifikansi melalui uji t, maka hasilnya adalah sebesar 5,270. Setelah diketahui df = 37 kemudian berkonsultasi pada tabel “t” signifikansi. Dengan demikian dapat diketahui dengan df=37 diperoleh “t” pada taraf signifikasi 5 % = 1,687. Jadi, 5,270 > 1,687. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, hasil perhitungan KD = 40,3%. Dengan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media audio visual memberikan pengaruh sebesar 40,3% dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TAZKIYAH

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tazkiyah Merupakan ihtiar untuk dapat menumbuhkembangkan atau memberikan sumbangsih pemahaman tentang hazanah keilmuan dari berbagai sudut secara lebih komprehensif.Hal ini dimaksudkan untuk dapat dikonsumsi baik bagi mahasiswa maupun khalayak umum. Pada dasarnya Jurnal Tazkiyah adalah ...