PeTeKa
Vol 5, No 3 (2022): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

UPAYA GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MDA NURUL HUDA ADIARSA BARAT)

Windy Eka Putri (Universitas singaperbangsa karawang)
Akil Akil (Universitas singaperbangsa karawang)
Jaenal Abidin (Universitas singaperbangsa karawang)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Madrasah Diniyah adalah lembaga pendidikan dengan status nonformal. Madrasah Diniyah fokus dalam memberikan pembelajaran terkait nilai-nilai agama islam. Walaupun dalam sifat nya Madrasah Diniyah ini sebagai pendidikan nonformal akan tetapi madrasah menjadi pelengkap pendidikan formal sehingga madrasah terdapat pada sistem pendidikan nasional dengan harapan lembaga pendidikan nonformal juga dapat memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kecerdasan anak bangsa melalui nilai-nilai agama sehingga dalam hal tersebut dapat mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Jenis dari penelitian ini ialah kulaitati dengan menggunakan metode penelitian nya deskriptif kualitatif. Lokasi yang dijadikan dalam penelitian ini di MDA Nurul Huda Adiarsa Barat. Sehingga dilakukan nya penelitian ini bertujuan untuk bagaimana upaya guru MDA Nurul Huda Adiarsa Barat dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan penyajian data, reduksi data, serta menarik kesimpulan melalui data yang di dapat dalam penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...