Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika
Vol 5, No 2 (2019): MEI 2019

PENGARUH PENGGUNAAN VERSION CONTROL SYSTEM TERHADAP PROSES BELAJAR PEMROGRAMAN MAHASISWA

Indra Azimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2019

Abstract

Kondisi sumber daya manusia Indonesia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya pengembangan perangkat lunak dan pemrograman cukup mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya adalah tidak seimbangnya permintaan dari industri dengan lulusan yang disediakan oleh perguruan tinggi. Oleh sebab itu, perguruan tinggi perlu meningkatkan proses belajar dengan menggunakan teknologi yang telah umum digunakan oleh industri, yaitu version control system (VCS). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 89 mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, Universitas Telkom, didapat hasil bahwa penggunaan VCS terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap proses belajar pemrograman mahasiswa dalam pengembangan sebuah perangkat lunak, diantaranya kemudahan berkolaborasi dalam tim, meningkatnya motivasi coding mahasiswa dan proses penilaian yang menjadi lebih transparan karena kontribusi yang terukur.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edutic

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan Informatika is a journal published by the Informatics Education Study Program, Universitas Trunojoyo Madura. Eductic contains publications on the results of thoughts and research in the field of education and information technology. Eductic is published twice a ...