Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 13th University Research Colloquium 2021: Pendidikan, Humaniora dan Agama

Keakuratan Bahan Ajar Daring dalam Sumber.Belajar.Kemdikbud.go.id sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Eko Purnomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anjas Rusdiyanto Soleh (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dini Restiyanti Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Salah satu website yang diluncurkan Kemdikbud adalahhttps://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/. Dalam websitetersebut banyak bahan ajar yang dapat di akses oleh guru dan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keakuarat bahan ajardalam https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/. Penelitian inimerupakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian iniadalah website https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/.Sedangkan data dalam penelitian ini yaitu bahan ajar BahasaIndonesia kelas X SMA dalamhttps://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/. Teknik pengumpulandata yaitu simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalampenelitian ini adalah padan referensial. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa bahan ajar dalam sumber belajar kemdikbudmemiliki keakuratan yang cukup baik, tetapi dari keempat indikatortersebut yang belum sesuai yaitu indikator pertama, karena terdapatsoal yang menggunakan konjungsi yang berlebihan, sehingga dalamhal ini dapat menimbulkan persepsi yang berbeda anatar pesertadidik.

Copyrights © 2021