Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 14th University Research Colloquium 2021: Bidang Kesehatan

The Effectiveness Of Picture-Story Books And Economic Token In The Success Of Toilet Training For Toddlers In The Age Of 1-3 Years Old

Faiqoh Febrianti (Universitas Muhammadiyah Gombong)
Wulan Rahmadhani (Universitas Muhammadiyah Gombong)
K Kusumastuti (Universitas Muhammadiyah Gombong)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Peran orang tua sangat penting dalam pelatihan toilet training usia toddler. Namun sebagian orang tua kurang pengetahuan tentang toilet training dan kurangnya edukasi dari petugas kesehatan. Keberhasilan pelatihan toilet training dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendidikan dan wawasan orang tua terhadap toilet training. Untuk membantu orang tua dalam toilet training anak mereka bisa memberi tabungan kepingan dan buku cerita bergambar kepada anak. Ini akan mempengaruhi kepatuhan mereka, selain itu anak diberikan arahan, nasehat dan pengertian mengenai manfaat dan tujuan dari perilaku kepatuhan yang diharapkan. Tujuannya untuk mengetahui keefektifan pemberian buku cerita bergambar dan token ekonomi dalam keberhasilan toilet training pada balita usia 1-3 tahun. Metode dalam enelitian ini merupakan studi kasus. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Partisipannya yaitu 5 balita usia 1-3 tahun yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar kuesioner. Hasil etelah diberikan buku cerita bergambar dan token ekonomi terdapat peningkatan keberhasilan toilet training yaitu: dari 63% menjadi 100% (partisipan 1), dari 40% menjadi 63% (partisipan 2), dari 38% menjadi 66% (partisipan 3), dari 60% menjadi 96% (partisipan 4), dan dari 43% menjadi 68% (partisipan 5). Kesimpulannya buku cerita bergambar dan token ekonomi efektif dalam keberhasilan toilet training balita usia 1-3 tahun.

Copyrights © 2021