Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan gaya mengajar latihan dapat memberi pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menendang bola jarak jauh dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas XI SMK Gotong Royong Tobelo Tahun 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah rata-rata kemampuan menendang bola jarak jauh siswa yang diajar dengan gaya mengajar latihan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan menendang bola jarak jauh siswa yang tidak diberi perlakuan. Hipotesa dalam penelitian ini adalah : penerapan gaya mengajar latihan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menendang bola jarak jauh dalam permainan sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa putra kelas XI SMK Gotong Royong Tobelo Tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 12 orang dan kelompok kontrol berjumlah 12 orang. Yang ditarik secara acak dengan teknik undian Waktu penelitian dilaksanakan selama satu bulan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre test, post test, randomized two group design. Instrumen penelitian digunakan adalah tes kemampuan menendang bola jarak jauh menurut âNurhasanâ. Dengan rancangan pre-test And Poss-test Randomized Two group design. Perlakuan yang diberikan adalah gaya mengajar latihan pada siswa putra kelas XI dengan sampel yang berjumlah 12 orang. Data yang diperoleh diuji dengan uji-t dengan taraf nyata  = 0,05 atau setara dengan taraf kepercayaan 95%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan gaya mengajar latihan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menendang bola jarak jauh dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas XI SMK Gotong Royong Tobelo. Kata Kunci: Gaya Mengajar Latihan, kemampuan menendang bola jarak jauh
Copyrights © 2014