NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

REPRESENTASI MAKNA IKHLAS DALAM FILM WEDDING AGREEMENT, ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Marwa Maisunnissa (Jurusan Ilmu Komuniasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mayasari Mayasari (Jurusan Ilmu Komuniasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ana Fitriana Poerana (Jurusan Ilmu Komuniasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2022

Abstract

Ikhlas secara bahasa berarti bersih dari kotoran dan menjaga sesuatu agar tidak kotor, artinya orang ikhlas mereka yang didalam melaksanakan suatu ibadah, bersih dari kepentingan-kepentingan selain ridho Allah SWT. Film Wedding Agreement adalah contoh nyata perilaku, ucapan, dan sikap ikhlas yang dilakukan seorang istri untuk tetap berbakti kepada suaminya dan mempertahankan rumah tangganya. Dalam film ini ada beberapa situasi yang merepresentasikan makna ikhlasnya seorang istri yang selalu diabaikan oleh suaminya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Semiotika merupakan suatu ilmu atau juga metode analisis yang mengkaji tentang tanda. Peneliti menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Makna  ikhlas yang tergambar dalam Film Wedding Agreement antara lain: pernikahan perjodohan akan berakhir dengan perceraian (1), seorang istri tidak dihargai karena tidak dicintai (2), seseorang istri akan acuh dan menyerah jika diabaikan terus-menerus (3) seorang istri akan langsung meluapkan amarahnya jika bertemu dengan kekasih suaminya (4), Kebaikan seorang istri yang disalah gunakan (5).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...