JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing

Akmal Hydayat (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Yetti Ariani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Penerapan Blended Learning guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 tidak disertai dengan pembaharuan bahan ajar yang memadai bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Bahan ajar yang disediakan guru hanya berupa bahan ajar konvensional. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan konsep Blended Learning yang mengedepankan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi dan angket respon. Subjek uji coba yaitu 21 peserta didik kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar dinyatakan layak digunakan dengan hasil uji validitas materi 90%, hasil uji validitas bahasa 90%, dan hasil uji validitas media 95%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil 92,5%, dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil 93,69%. Dengan demikian, bahan ajar berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan telah valid dan praktis digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...