JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru

Ahmat Fani Infal Efendi (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember)
Dzarna Dzarna (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember)
Agus Milu Susetyo (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember)
Widya Oktarini (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran merupakan bentuk adaptasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dalam pemanfaatan media pembelajaran e-learning sebagai media pembelajaran online pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan reduksi data. Kegiatan reduksi data dilakukan peneliti dengan meringkas, memilih topik, memfokuskan data yang penting, serta menghapus data yang tidak dibutuhkan dalam penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibelitas dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan minat belajar antara kelas (A) yang menggunakan media pembelajaran e-learning dengan kelas (B) tanpa menggunakan e-learning. Kedua kelas tersebut sama-sama memiliki kesadaran dalam meningkatkan minat belajarnya, namun jika menggunakan media pembelajaran e-learning siswa semakin memiliki semangat belajar yang lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan e-learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...