JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal (Studi Kasus SMPN Napallicin Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara)

Abdul Haris Nasution (Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Curup)
Idi Warsah (Pascasarjana IAIN Curup)
Ifnaldi Ifnaldi (Pascasarjana IAIN Curup)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitina yang dilakukan bahwa proses pembelajaran yang disampaikan oleh Guru Agama Islam bersumber pada buku ajar, guru masih menggunakan metode ceramah, sedangkan evaluasi dan penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Sebelum proses pembelajaran guru sudah membuat Silabus, RPP, Program Semester danProgram Tahunan. Adapun hasil penelitian yang diharapkan, guru dapat merubah metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga siswa mengalami pembelajaran tidak berpaku pada buku pelajaran. Pengelolaan pembelajaran di SMPN Napallicin masih bersifat standar yaitu mengikuti aturan umum yang berlaku. Pembelajaran dilakukan dengan cara lama, seperti penyampaian dengan metode ceramah, dan siswa mencatat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...