JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Nilai-Nilai Estetika, Etika, dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H

Yuni Indah Romaida Simangunsong (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Sarma Panggabean (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Kartini Bangun (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai-nilai Estetika, Etika, Dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H”. Latar belakang penulisan pada penelitian ini dilihat dari Nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut. Kemudian peneliti menganalisis novel tersebut untuk mengetahui Nilai-nilai Estetika, Etika, dan Karakter apa saja yang terkandung dalam novel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara membaca novel yang berjudul Ladang Perminus Karya Rmadhan K.H lalu menandai kalimat yang mengandung nilai-nilai estetika, etika, dan karakter. Setelah itu, data dikumpulkan dan dipindahkan ke dalam kartu data. Dari penelitian ini diperoleh bahwa novel tersebut mengandung nilai-nilai estetika, etika, dan karakter. Namun, nilai yang paling dominan ditemukan dalam novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H ialah nilai etika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...