JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Implementasi Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Rias Foto Hitam Putih dan Berwarna

Tyas Asih Surya Mentari (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Prima Minerva (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Linda Rosalina (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar mahasiswa melalui penerapan multimedia interaktif Make-up Foto Hitam Putih dan Foto Berwarna; (2) hasil belajar mahasiswa melalui penerapan multimedia interaktif Make-up Foto Hitam Putih dan Foto Berwarna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Jurusan TRK FPP UNP yang sedang mengikuti mata kuliah Rias Wajah Karakter semester Juli-Desember 2020 dikunjungi 21 orang. Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan sampai terjadi satu siklus kemudian direfleksikan dan dilanjutkan dengan siklus II. Siklus II dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jika telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Rias Wajah Karakterpada siklus I dan Siklus II maka penelitian dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan untuk aktivitas belajar mahmahasiswa dengan menunujukkan peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2 dengan adanya keseriusan dan perhatian mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran karena penggunaan multimedia interaktif merupakan hal baru dalam pembelajaran Rias Wajah Karakter yang dapat memudahkan mahasiswa memahami konsep-konsep pembelajaran yang disampaikan . Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah makeup foto hitam putih dan bewarna. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa dari pra siklus 1 sampai siklus 2 dimana rata-rata sebelum siklus 1 (63,02), siklus 1 (72,12%) dan siklus 2 (83,2). Selanjutnya proporsi mahasiswa yang memperoleh nilai sesuai dengan kriteria keberhasilan. tindakan (di atas 75) juga meningkat dimana pada siklus1 hanya 25% meningkat menjadi 90% pada siklus 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...