Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Penelitian termasuk jenis PTK menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif yang dilakukan dengan II siklus dengan menggunakan observasi serta tes. Guru serta 25 Peserta Didik sebagai subjek yang diteliti. Siklus I hasil penelitian pada RPP tergolong baik memperoleh rata-rata 80%, siklus II 92% tergolong sangat baik. Pada siklus I Penilaian sikap tergolong baik yaitu 87,5, siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik, sedangkan pada siklus I pelaksanaan pembelajaran 84,4% pada aspek peserta didik tergolong baik dan siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik. Pada siklus I penilaian sikap dikategorikan baik, siklus II sangat baik. Pada siklus I skor rata-rata 72% dan pada siklus II Baik dengan 84% Baik untuk hasil belajar peserta didik. Siklus I yaitu 78% ketuntasan adalah cukup, siklus II yaitu 92% sangat baik. Untuk itu penerapan model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas V SD pada penelitian ini.
Copyrights © 2022