JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 05 PASAR BARU KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Indah Fajri Hilmi (Universitas Negeri Padang)
Mai Sri Lena (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Penelitian termasuk jenis PTK menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif yang dilakukan dengan II siklus dengan menggunakan observasi serta tes. Guru serta 25 Peserta Didik sebagai subjek yang diteliti. Siklus I hasil penelitian pada RPP tergolong baik memperoleh rata-rata 80%, siklus II 92% tergolong sangat baik. Pada siklus I Penilaian sikap tergolong baik yaitu 87,5, siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik, sedangkan pada siklus I pelaksanaan pembelajaran 84,4% pada aspek peserta didik tergolong baik dan siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik. Pada siklus I penilaian sikap dikategorikan baik, siklus II sangat baik. Pada siklus I skor rata-rata 72% dan pada siklus II Baik dengan 84% Baik untuk hasil belajar peserta didik. Siklus I yaitu 78% ketuntasan adalah cukup, siklus II yaitu 92% sangat baik. Untuk itu penerapan model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas V SD pada penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...