Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 7, No 2 (2022): September

STUDI LITERATUR: PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ahmad Septiana (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR HAMKA)
Ilham Imanie Amin (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Joko Soebagyo (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Ishaq Nuriadin (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan berupa nilai matematika siswa yang rendah. Hal ini disebabkan dari kurangnya inovasi dalam pembelajaran matematika sehingga menyebabkan siswa kurang aktif, motivasi belajar rendah, dan pemahaman konsep yang rendah. Maka diperlukan suatu pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran matematika diantaranya dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Teknik pengumpulan data dari berbagai sumber artikel melalui pencarian di Google Scholar. Dari hasil penelaahan beberapa sumber artikel, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan Pendidikan Matematika Realistik terhadap pembelajaran matematika. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...