Abstrak Dewasa ini teknologi semakin berkembang pesat. Hal tersebut membuat generasi sekarang menjadi digital nativ. Bukan hanya kalangan dewasa saja, akan tetapi remaja sekarang juga telah merambat mengonsumsi teknologi khususnya media sosial. Maka editing video menjadi tidak asing di kalangan remaja terkhusus siswa SMP Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang sehingga hal ini juga berpengaruh terhadap pembelajaran khususnya pelajaran bahasa Arab. Maka dalam riset ini peneliti mencari tahu bagaimana pengimplementasian sebuah strategi pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran maharah al-kalam dengan Digital Storytelling (DST) serta Problematikanya di SMP Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Riset ini menggunakan metode deskriptif kualitatif degan pendekatan studi kasus. Adapun hasil penelitaiannya adalah strategi ini merupakan strategi yang menggabungkan banyak keterampilan siswa mulai dari keterampilan berbicara, keterampilan menulis, keterampilan presentasi (perform) dan kerterampilan penggunaan teknologi. serta problematika yang terjadi ketika pembelajaran adalah kurangnya penguasaan peserta didik terhadap kosa kata bahasa arab sehingga dalam penyusunan naskah sedikit terhambat dan terbatasnya penggunaan media laptop/hp karena mayoritas siswa adalah santri yang mukim di pondok pesantren sehingga waktu dalam proses editing video sedikit lama. Namun strategi ini juga menarik untuk digunakan dalam beragam gaya belajar siswa, karena dapat membangkitkan minat, perhatian dan motivasi siswa di dalam kelas. karena digital storytelling (DST) dianggap sebagai strategi untuk menciptakan generasi kreatif, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Kata Kunci: Digital Storyteling, Maharah Al-Kalam, Pembelajaran Bahasa Arab Abstract Today technology is growing rapidly. This makes the current generation a digital native. Not only adults, but teenagers now have also propagated consuming technology, especially social media. So video editing is familiar among teenagers, especially students of Al-Rifa'ie Gondanglegi Modern Junior High School Malang, so this also affects learning, especially Arabic lessons. So in this research, researchers find out how to implement a learning strategy that combines maharah al-kalam learning with Digital Storytelling (DST) and its problems at Al-Rifa'ie Gondanglegi Modern Junior High School Malang. This research uses a qualitative descriptive method with a case study approach. The results of the research are that this strategy is a strategy that combines many students' skills ranging from speaking skills, writing skills, presentation skills (performing) and skills in using technology. as well as the problems that occur when learning is the lack of students' mastery of Arabic vocabulary so that the preparation of the script is slightly hampered and the limited use of laptop / cellphone media because the majority of students are students who live in Islamic boarding schools so that the time in the video editing process is a bit long. However, this strategy is also interesting to use in a variety of student learning styles, because it can generate interest, attention and motivation of students in the classroom. because digital storytelling (DST) is considered a strategy to create a creative generation, and can increase students' self-confidence. Keywords: Digital Storyteling, Maharah Al-Kalam, Arabic Learning
Copyrights © 2022