Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2022): September 2022

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi di SD Negeri Siru

Mihrab Hendrayani (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Sutarman Sutarman (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

AbstrakSebagai negara yang memiliki latar belakang masyarakat keyakinan yang berbeda-beda sangat rentan akan terjadinya sebuah konflik yang disebabkan oleh sikap intoleransi. Akan tetapi berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pedalaman seperti di kampung mboleng tempat SD Negeri Siru didirikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi di SD Negeri Siru Manggarai Barat, dan penelitian ini juga untuk mengetahui hasil dari upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap kesejahteraan siswa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di lingkungan SD Negeri Siru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan informai secara faktual, sistematis, dan akurat terhadap objek yang diteliti. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Siru, subjek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini mengatakan peran guru Pendidikan Agama islam di SD Negeri Siru dalam upaya untuk menanamkan nilai-nilai toleransi kepada siswa, dampaknya sangat besar. Hal ini di sebabkan adanya sikap toleransi yang tinggi dan interaksi sosial yang tinggi dan tidak pernah terjadi sebuah konflik antara siswa yang disebabkan oleh sikap intoleransi. Bahkan dari mereka seringkali ditemukan adanya kerjasama antara kelompok agama satu dengan yang lainnya. Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Siru ini dapat dijadikan sebagai contoh yang baik untuk sekolah-sekolah yang lainnya, untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan damai.Kata Kunci: Toleransi, Guru Pendidikan Agama Islam AbstractAs a country that has a community background of different beliefs, it is very vulnerable to a conflict caused by an attitude of intolerance. However, it is different from people who live in remote areas such as in the village of mboleng where SD Negeri Siru was established. The purpose of this study was to find out how the role of Islamic Religious Education teachers in instilling the values of tolerance in SD Negeri Siru Manggarai Barat, and this research is also to knowing the results of the efforts made by Islamic Religious Education teachers on the welfare of students in living daily life in the SD Negeri Siru environment. This research is a descriptive qualitative research that aims to obtain factual, systematic, and accurate information on the object under study. The object of this research is the students of SD Negeri Siru, the subject of this research is the teacher of Islamic Religious Education. The method used to obtain data in this study is to use the method of observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the role of Islamic Religious Education teachers at SD Negeri Siru in an effort to instill the values of tolerance in students has a very large impact. This is due to a high tolerance attitude and high social interaction and there has never been a conflict between students caused by intolerance. In fact, it is often found that there is cooperation between religious groups with one another. The efforts made by Islamic Religious Education teachers at SD Negeri Siru can be used as good examples for other schools, to create a safe and peaceful school environment.Keywords: Tolerance, Islamic Religious Education Teacher

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...