Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON BAGI SISWA KELAS VIIID SMP SILA DHARMA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Oktavina Angelina Podu Negu (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Putu Suarniti Noviantari (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Ketut Suwija (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 39 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan melalui dengan teknik observasi, dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan teknik tes yang dilakukan tiap pada akhir siklus. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskritif komparatif. PTK ini dilakukan sampai dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata skor aktivitas belajar beserta kategorinya pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu: 11,79 dan 15,21 dengan kategori “cukup aktif” dan “aktif”. Berdasarkan hasil analisis prestasi belajar siswa diperoleh bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa (X), ketuntasan belajar (KB), dan daya serap (DS) pada siklus I sebesar 63,94; 63,94%; dan 51,28%; dan pada siklus II sebesar 78,15; 78,15%; dan 76,92%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...