PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS

PELATIHAN GURU AGAMA BERBASIS LITERASI DIGITAL KEPENDIDIKAN DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI

Muhammad Sobri (Fakultas Keguruan dan Ilmu, Program Studi Pendidikan bahasa Arab Pendidikan Universitas Jambi,)
Supian (Universitas JAmbi)
Sulhi M. Daud (Fakultas Hukum Universitas Jambi)
Sahrizal Vahlepi (Fakultas Keguruan dan Ilmu, Program Studi Pendidikan bahasa Arab Pendidikan Universitas Jambi,)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Era digital mengarahkan pendidikan semakin efektif dan efisien. Pandemi covid yang mewabah melumpuhkan berbagai aspek kehidupan diantaranya pendidikan sehingga mengharuskan Pendidik dan peserta didik mampu menggunakan digital dengan optimal. Guru profesional adalah guru yang memiliki kompetensi dalam menguasai materi dan konten pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami isi pembelajaran dengan penggunaan teknologi komunikasi. Selain itu juga dapat membimbing peserta didik untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh standar pendidikan nasional. Berangkat dari hal tersebut maka guru Agama pada MTS Al-IHSANIYAH sarang burung Muaro Jambi penting untuk menguasai literasi digital karena guru memiliki posisi penting dan merupakan aktor utama dalam organisasi mikro pendidikan dan guru dapat menjalankan tugasnya di era teknologi atau era revolusi 4.0 ini. Metode Pelaksanaan Pendampingan dan pelatihan Agama Berbasis Literasi Digital Kependidikan Di Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi Adalah dengan dengan metode persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Dalam Pendampingan dan pelatihan kepada guru Pendidikan Agama Islam MTS Al-IHSANIYAH sarang burung Muaro Jambi dalam mengoptimalkan proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 dan pasca covid ini sangat antusias diikuti oleh tenaga pendidik dan kependidikan sebagai upaya menambah pemahaman tentang literasi digital agar bisa berkembang dan dapat menjalankan proses pembelajaran dengan optimal sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...