PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR TUNAS HARAPAN ISLAM

Tiasari Siregar (UNIMED)
Adena Nurasiah Siregar (Universitas Negeri Medan)
Khairunnisa Rizka (Universitas Negeri Medan)
Sartika Eka Fitri Lubis (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Abstract: Education is a series of very complex processes and involves many aspects related to education which aims to change human attitudes and behavior in a civilized direction. The purpose of this study was to determine the educational background on the initial reading ability of the first graders of SD Tunas Harapan Islam. This type of research used a qualitative approach. Primary data collection techniques were carried out by observation and interviews. While the secondary data collection is done by studying literature and documentation. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate: 1) The teacher's efforts as facilitators in improving the initial reading ability of grade 1 students at SD Tunas Harapan Islam by: (a) providing facilities in the form of learning guide books to read volumes 1-7, (b) providing motivation in the form of praise to students, (c) providing assistance in the form of recognizing letters using the blackboard, providing reading learning guide books to students, and (d) providing direction to students and parents of students. 2) The efforts of the teacher as an innovator in improving the initial reading ability of grade 1 students by: (a) providing assistance in the form of reading learning guidance to students who have problems in reading by providing special time for reading lessons conducted after school, (b) implementing strategies groups in learning, providing classical and sorogan methods in learning, (c) utilizing appropriate learning media, and (d) providing new ways of learning. Keywords: Educational Background, Beginning Reading Ability, Students, Elementary School Abstrak: Pendidikan merupakan serangkaian proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak aspek yang berkaitan pendidikan yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku manusia ke arah yang beradab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui latar belakang pendidikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Tunas Harapan Islam. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data primerdilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisi data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaansiswa kelas 1 di SD Tunas Harapan Islam dengan cara: (a) memberikan fasilitas berupa buku panduan belajar membaca jilid 1-7, (b) memberikan motivasi berupa pujian kepada peserta didik, (c) memberikan bantuan berupa pengenalan huruf-huruf dengan menggunakan papan tulis, memberikan buku panduan belajar membaca kepada peserta didik, dan (d)memberikan arahan kepada peserta didik dan orang tua peserta didik. 2) Upaya guru sebagai inovator dalammeningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dengan cara: (a) memberikan bantuan berupa bimbingan belajar membaca kepada siswa yang mengalami masalah dalam membaca dengan memberikan waktu khusus untuk lesmembaca yang dilakukan sepulang sekolah, (b) menerapkan setrategi kelompok dalam pembelajaran, memberikanmetode klasikal dan sorogan dalam pembelajaran, (c) memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai, dan (d) memberikan cara- cara baru dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...