Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan sebagian besar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan peneitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran Reward dan Punishment. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini melibatkan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasildan kesimpulan penelitian adalah Hasil penelitian diperoleh presentse ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66,67% dan pada siklus II adalah 76,67%. Sehingga ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai ke Siklus II sebesar 10% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran serta menjawab pertanyaan yang diberikan guru sehingga siswa mampu memahami materi yang diajarkan.
Copyrights © 2022