Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Media Pop Up Book pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Widodo

Della Aryana Putri (Universitas PGRI Silampari)
Asep Sukendak Egok (Universitas PGRI Silampari)
Novianti Mandasari (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Widodo setelah menggunakan model cooperative learning tipe STAD berbantuan media pop up book. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Widodo berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Teknik analisis data menggunakan uji-z dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil analisis data post-test diperoleh (15,73) ≥ (1,64) berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 86,71. Simpulan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD berbantuan media pop up book pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Widodo secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...