TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022

IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

Astuti Astuti (MTs Darul Hikmah Pekanbaru)
Hastuti Hastuti (SMPN 21 Pekanbaru)
Hosnilawati Hosnilawati (SMPN 40 Pekanbaru)
Sukma Erni (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mbuktikan peningkatan pemahaman peserta didik tentang manusia, tempat dan lingkungannya melalui implementasi strategi inkuiri. Metode yang digunakan adalah Tindakan kelas dengan 2 siklus (4 pertemuan). Siklus 1 diperoleh hasil yang cukup baik kendati masih terdapat kelemahan terutama dalam proses pembelajaran yang dilalui siswa. Perbaikan yang dilaksanakan pada siklus ke 2 berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan proses terlaksana secara optimal.  Peningkatan  hasil belajar pada siklus I adalah 80% mencapai kriteria kelulusan  dan pada siklus II naik menjadi 90,62%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga tepat digunakan sebagai alternative strategi pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...