Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan awal matematis terhadap disposisi matematis siswa, untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan untuk mendeskripsikan pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini akan dilakukan di MTs Swasta PAB 1 Helvetia kelas VIII Jl. Veteran Psr. IV Helvetia Kecamatan Labuhan Deli pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig KAM sebesar 0,000, hal ini berarti ditolak dan diterima dan besar pengaruhnya sebesar 0,603 (60,3%), kemudian terdapat pengaruh kemampuan awal matematis terhadap disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig KAM sebesar 0,000, hal ini berarti ditolak dan diterima dan besar pengaruhnya sebesar 0,758 (75,8%), selanjutnya terdapat pengaruh model pembelajaran (Project Based Learning dan Problem Based Learning) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig model sebesar 0,002, hal ini berarti ditolak dan diterima dan besar pengaruhnya sebesar 0,603 (60,3%) dan terdapat pengaruh model pembelajaran (Project Based Learning dan Problem Based Learning) terhadap disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig model sebesar 0,007, hal ini berarti ditolak dan diterima dan besar pengaruhnya sebesar 0,120 (12%).
Copyrights © 2022