Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Critical-Mathematical dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian Kuantitatif pada Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Pontianak

Andina Nurul Wahidah (IAIN Pontianak)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Literasi dalam perkembangannya tidak hanya kemampuan membaca dan menulis, namun semakin diperluas jenisnya dengan pengukuran literasi statistis yang ditunjukkan dengan kemampuan critical-mathematical. Kemampuan ini perlu dibangun dalam proses perkuliahan khususnya Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi, (1) kemampuan critical-mathematical mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak dalam perkuliahan metodologi penelitian kuantitatif, dan (2) upaya dalam membangun kemampuan critical-mathematical pada perkuliahan metodologi penelitian kuantitatif, Quantitative approach digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan critical-mathematical. Melalui teknik population sampling, maka seluruh mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak diambil menjadi sampel sejumlah 21 orang. Teknik observasi kuantitatif digunakan sebagai pengumpul data utama dengan instrumen berupa lembar check list yang telah melalui uji validasi oleh expert judgment. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif berbantuan microsoft excel. Adapun penelitian ini menghasilkan 2 hal. Pertama, nilai rerata kemampuan critical-mathematical mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak dalam perkuliahan metodologi penelitian kuantitatif pada aspek keterlibatan kritis (73,96), penalaran (72,17), dan mempertanyakan kebenaran konteks (71,05) dengan rata-rata keseluruhan sebesar 72,39. Kedua, upaya dalam membangun kemampuan critical-mathematical pada perkuliahan metodologi penelitian dapat dilakukan dengan strategi yang indikatornya disesuaikan dengan aspek critical-mathematical diantara yaitu, (1) telaah/ review skripsi kuantitatif secara individu untuk melatih keterlibatan kritis, (2) mengidentifikasi, menganalisis dan membuat cross check untuk melatih penalaran, dan (3) membuat kelompok diskusi kecil dan mempresentasikannya di depan kelas atau melakukan penilaian silang untuk mempertanyakan kebenaran konteks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...