Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Pengaruh Penggunaan Aplikasi DESMOS Terhadap Kecerdasan Visual Spasial dan Resiliensi Matematis Siswa Kelas 8

Marselino Fransye Giovani Sundah (Universitas Terbuka)
Maximus Gorky Sembiring (Universitas Terbuka)
Yumiati Yumiati (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi DESMOS terhadap kecerdasan visual spasial dan resiliensi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 73 siswa yang diambil dari populasi seluruh siswa kelas menengah pertama di salah satu sekolah swasta di Bekasi. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan media DESMOS, sedangkan kelas kontrol dengan media konvensional. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t sampel independen untuk melihat perbedaan rata-rata di antara dua kelas. Dari analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, didapatkan nilai t hitung sebesar 0,371 untuk visual spasial yang lebih kecil daripada t tabel = 2,03224 dan -0,177 untuk resiliensi matematis siswa yang lebih kecil daripada t tabel = 2,02809. Dengan demikian, hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) peningkatan kecerdasan visual spasial antara siswa yang menggunakan media DESMOS tidak lebih besar daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, dan (2) peningkatan resiliensi matematis antara siswa yang menggunakan media DESMOS tidak lebih besar daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...