Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Karakterisasi Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi

Fenny Putri Arfany (Magister Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang)
Surya Sari Faradiba (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengidentifikasi karakterisasi kesalahan pemahaman konsep matematis siswa. Materi di penelitian ini yaitu relasi serta fungsi. Sumber data pada penelitian ialah siswa dari kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Subjek yang dipilih pada penelitian ini adalah tiga siswa yang memiliki kategori jenis kesalahan fakta, prinsip, dan hitung. Pemilihan subjek tersebut dipilih berdasarkan kemunculan karakter kesalahan siswa. Pendekatan yang dipakai di penelitian ini yakni kualitatif deskriptif. Instrumen yang dipakai yakni tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Siswa diberikan empat butir soal yang sama dengan indikator pemahaman konsep matematis untuk dapat diidentifikasi karakteristik kesalahannya. Karakter tersebut kemudian dicocokkan dengan hasil dari wawancara pada masing-masing subjek. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh karakterisasi kesalahan siswa pada materi relasi serta fungsi adalah S1 memiliki jenis kesalahan fakta pada soal nomer 1 dan 2, kesalahan prinsip dan hitung pada soal nomer 3, sedangkan S2 dan S3 memiliki jenis kesalahan fakta pada soal nomer 1,2, 4 dan kesalahan prinsip pada soal nomer 3.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...