JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 8 No 1 (2022): JUMLAHKU VOL.8 NO.1 2022

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFFERENSIAL

Tika Arum Permatasari (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Afif Afghohani (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Andhika Ayu Wulandari (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II Mata Kuliah Kalkulus Differensial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi, motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variable terikat. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh atau sampel sensus dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Sampel yang diambil adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester II tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas dan variabel terikat dengan persamaan regresi yaitu Y = -13,912 + 1,052 X. Uji koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R-Squared sebesar 0,2667 atau 26,67% yang berarti X dapat menjelaskan Y sebesar 26,67% atau motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan pengaruh 26,67%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...