VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 13, No 2 (2022): NOPEMBER

STRUKTUR KUNUN MASYARAKAT SIULAK KERINCI SEBAGAI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH

Nada Sawita (Universitas Jambi)
Yundi Fitrah (Universitas Jambi)
Maizar Karim (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

ABSTRAKSastra lisan Kerinci didukung oleh suatu bahasa daerah, yaitu bahasa Kerinci. Bahasa Kerinci dipakai dalam wilayah kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Struktur Kunun Masyarakat Siulak Kerinci sebagai Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah. Data dianalisis dengan teknik anaisis deskriptif kualitatif. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa Struktur Kunun Masyarakat Siulak Kerinci Sebagai Pembeajaran Apresiasi Sastra di Sekolah. Struktur Sastra lisan kerinci terdiri Sinopsis Cerita, Bentuk lahir, Tokoh Cerita, Tema Cerita, Tujuan Cerita, Pengaruh dalam Cerita di gunakan untuk mengkaji Struktur Kunun Siulak, Kerinci sebagai Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekoah. dari tiga tema yang populer di Kerinci, yaitu saling tolong menolong, seseorang yang meninggalkan kampung halamannya, dan yang terakhir hidup bergotong royong. Dapat di simpulkan tema ini lebih di gemari dari ke sepuluh cerita yang terdapat di buku Kunun Siulak, Kerinci. dari proses pembelajaran apresiasi sastra di sekoah maka hasil yang dapat keberanian siswa untuk menceritakan kembali hasil Kunun atau Dongeng yang di baca di depan kelas mereka juga sangat aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Struktur Kunun,  Pembelajaran, Apresiasi SastraABSTRACTKerinci oral literature is supported by a regional language, namely the Kerinci language. The Kerinci language is spoken in the Kerinci regency area in Jambi Province. This studyyaims to describe the Kunun Structureeof the Siulak Kerinci Community as Literary Appreciation Learning in Schools. Data were analyzeduusing qualitative descriptive analysisutechniques. The results of this studyuindicate that the Kunun Structure of the Siulak Kerinci Community as Literary Appreciation Learning in Schools. The oral literary structure of kerinci consists of story synopsis, form of birth, story characters, story themes, story goals, influences in stories used to study the structure of Kunun Siulak, Kerinci as Literary Appreciation Learning in Schools. of the three popular themes in Kerinci, namely helping each other, someone leaving their hometown, and finally living together. It can be concluded that this theme is more popular than the ten stories contained in Kunun Siulak's book, Kerinci. from the learning process of literary appreciation in schools, the result that can be the courage of students to retell the results of Kunun or Fairy Tales read in front of the class, they are also very active in learning.Keywords: Kunun Structure, Learning, Literary Appreciation 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...