Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem

ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA PERSERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI

Uli Fitrotul Khasanah (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Apriani Sulu Parubak (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Christiana Niken Larasati (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari dan untuk mengetahui persentase kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan, keluarga, psikologi, sekolah, dan masyarakat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan 15 responden dan data diambil menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan rumus skala dan mendapatkan hasil bahwa ada kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan psikologis, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Persentase aspek yang diperoleh yaitu kuesioner positif yaitu 23,71% dari aspek kesehatan, 20,83% dari aspek psikologis, 20,37% dari aspek keluarga, 17,99% dari aspek sekolah dan 23,28% dari aspek komunitas. Dari hasil analisis semakin kecil nilai dari persentase yang diperoleh maka kesulitan belajar semakin besar pengaruhnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...