Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PAPAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI IPA SMA ADVENT MANOKWARI

Ketty Yunnella Pigai (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Achmad Rante Suparman (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Christiana Niken Larasati (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui model Student Team Achivement Division (STAD) berbantuan papan permainan monopoli pada materi minyak bumi kelas XI IPA SMA Advent Manokwari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK Hoppkins yang terdiri dua siklus dengan masing-masing siklusnya memiliki lima tahap yaitu identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk melihat peningkatan minat belajar peserta didik pada penelitian ini dengan memberikan angket Online pre-test dan post-test diberikan kepada peserta didik setiap siklus. Data analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel 2010 untuk menggambarkan peningkatan setiap siklus. Terlihat penerapan model Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Advent Manokwari pada materi minyak bumi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator meningkat 86% pada siklus II. Pada hasil belajar dilihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai KKM yaitu > 70 mengalami peningkatan besar 19% yaitu dari 67% pada siklus I dengan kriteria ketuntasan klasikal sedang menjadi 86,7% dengan kriteria ketuntasan klasikal tinggi pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...